Bupati Banjar Tinjau Serbuan Vaksinasi Maritim
Martapura, InfoPublik – Guna pemulihan aktivitas dan ekonomi dalam percepatan penanganan Covid-19 bagi seluruh masyarakat di Indonesia, terkhusus Kabupaten Banjar dilaksanakan Serbuan Vaksinasi (Servak) Maritim yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Industri ( Kadin ) Banjar bersama Pangkalan TNI AL Lanal Banjarmasin, di Kantor DPRD Banjar, Kamis ( 14/10/2021 ) pagi.
 
Menanggapi hal tersebut Bupati Banjar H. Saidi Mansyur bersama jajaran dan Ketua Kadin Banjar H. M Rofiqi serta Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr Hanla terjun langsung meninjau kegiatan tersebut.
 
Dikatakan Saidi Mansyur selain untuk menyukseskan program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pemberian vaksin kepada masyarakat ini juga untuk mengantisipasi penyebaran varian baru.
 
” Jangan ragu ataupun takut karena vaksin yang disuntikkan ini sudah halal, aman dan teruji digunakan ,” jelasnya.
 
Lebih jauh, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tetap disiplin mematuhi serta menjalankan protokol kesehatan melalui 6M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, serta meningkatkan imunitas agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan kegiatan ekonomi masyarakat bisa normal kembali.
 
Komandan Lanal ( Danlanal ) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr Hanla menyampaikan sejauh ini Lanal Banjarmasin sudah berhasil menyelenggarakan Servak yang ke- 47 dan mencapai 16.580 orang (1.658 Vial), dengan hasil yang signifikan ini menunjukkan bentuk keseriusannya dalam memutus mata rantai Pandemi Covid-19.
 
” Sebelumnya sasaran vaksinasi adalah untuk masyarakat maritim yang berada di bantaran sungai barito dan takisung, kemudian sasaran selanjutnya kepada tempat tempat pendidikan, pondok pesantren dan lainnya yang saat ini sudah melakukan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) ,” ucapnya.
 
” Kami siap membantu dengan tenaga, apabila pemerintah daerah meminta untuk kembali melaksanakan vaksinasi ,” ungkapnya.
 
Selain itu, Ketua Kadin Banjar H. M Rofiqi menuturkan pada servak ini sebanyak 750 vaksin disediakan untuk dosis pertama menggunakan Vaksin jenis Astra Zeneca untuk usia 18 tahun dan Vaksin jenis Sinovac diperuntukkan bagi yang berusia 13 tahun.
 
” Kapasitas kami hari ini akan overload, mungkin lebih dari seribu orang yang mendaftar, dan semoga vaksin yang tersedia cukup untuk masyarakat Kabupaten Banjar ,” tutupnya.
 
Diketahui, sebanyak 39 tenaga kesehatan gabungan sekaligus sebagai Tim Vaksinator terlibat dalam kegiatan Servak ini yaitu dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin, Dinkes Kota Banjarmasin dan Dinkes Kabupaten Banjar.
 
(MC. Kominfo Kab Banjar/Zidane/Umar/Agusoke)

Survey Kepuasan