Puluhan Pelajar Se Kalsel Ikuti Festival Hari Bahasa Ibu Internasional

BANJARBARU,- Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (BBPKS) menggelar Festival Hari Bahasa Ibu Internasional 2024, di halaman Kantor BBPKS, Jalan Ahmad Yani Km 32, Banjarbaru, Kamis (22/02/2024) pagi.

Kegiatan yang dilombakan pada festival tersebut meliputi lomba Bakisah Berbahasa Banjar bagi siswa siswi tingkat SMP dan lomba Komedi Tunggal Berbahasa Banjar untuk tingkat SD sederajat se-Kalimantan Selatan.

Di hadapan puluhan peserta Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru Dedi Sutoyo menyambut baik festival tersebut. Menurutnya, sesuai tagline penyelenggara yakni mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

“Bila hal ini benar-benar kita kerjakan insyaallah kita menjadi bangsa yang lebih kompetitif dengan bangsa lain,” sambungnya.

Lebih lanjut Dedi menuturkan, tantangan di era perkembangan zaman saat ini memang harus dipicu kembali agar anak penerus bangsa dapat mengembangkan dan menguasai 3 bahasa tersebut yakni bahasa indonesia, daerah dan asing.

“Mari kita kembali bersama-sama memahami bagaimana globalisasi ini berjalan dan menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini,” pintanya.

Sementara Plh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalsel Hj Siti Alfa Ariestya mengatakan, lomba tersebut digelar sebagai tindak lanjut memperingati Festival Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap 21 Februari.

Titi sapaan akrabnya menyebut salah satu cara Balai Bahasa untuk tetap menggalakkan Bahasa Banjar adalah dengan menerbitkan buku Bahasa Banjar.

“Kita punya buku cerita anak dengan tingkatan level berbeda-beda yang bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk pembelajaran muatan lokal, buku itu diterbitkan dalam 2 hingga 4 bahasa,” imbuhnya.

Diakhir ia mengimbau seluruh masyarakat Kalimantan Selatan untuk mengakses buku tersebut melalui laman balaibahasakalsel.kemdikbud.go.id agar dapat melestarikan bahasa daerah yakni Bahasa Banjar.

 

Reporter : Rifky Zidane
Editor : Ronny Lattar
Uploader : Suhendra

Source:: INFOPUBLIK

Survey Kepuasan